Berita Tak Seperti Agya, Daihatsu Ayla Generasi Baru Punya Dua Opsi Mesin


 


All New Daihatsu Ayla 2023 akhirnya resmi mendebut meski belum dikasih harga. Strategi marketing antara Ayla dan Agya berbeda sebagai diferensiasi antarmodel. Kalau Toyota Agya hanya pakai satu varian mesin. Produk Astra Daihatsu Motor malah punya dua tawaran enjin: 1,0 liter dan 1,2 liter. Hal ini sekaligus menepis isu penggunaan jantung pacu turbo. Sedangkan penggunaan transmisi di seluruh trim sama. Ada matik CVT dan manual girboks.


baca juga : Dealer Mobil Daihatsu Tasikmalaya


KEY TAKEAWAYS

Mesin apa yang digunakan Daihatsu Ayla 2023? All New Ayla punya dua tawaran mesin: 1,0 liter dan 1,2 liter


Mesin Ayla generasi baru varian menengah ke atas diambil dari Rocky. Enjin 3-silinder, 1,2 liter WA-VE. Resultan pembakaran sanggup membuncah sampai 88 PS pada 6.000 rpm. Torsi maksimal diraih 113 Nm di 4.500 rpm. Opsi penyaluran energi kinetik melalui transmisi manual 5-speed dan D-CVT atau Dual mode Continuously Variable Transmission. Sama dengan kepunyaan Agya baru. Duo kembar ini siap gempur Brio CVT yang jadi mobil terlaris nasional sepanjang 2022.


All New Ayla


Dipilihnya mesin WA-VE, 3-silinder 1,2 liter, Lantaran memiliki keunggulan dan kelebihan. Efisien dalam mengolah bahan bakar. Sehingga konsumsi bensin lebih hemat dan memproduksi torsi lebih tinggi dibandingkan mesin 4-silinder dengan volume sama. Karakter torsi kuat didapatkan sejak putaran mesin rendah. Diklaim sanggup menyuguhkan akselerasi lebih cepat dan sigap dari model lama. Penggunaan transmisi baru turut menyumbang penghematan bensin kala berkendara.


Baca juga: Kredit mobil daihatsu

Sementara strata bawah Ayla 2023, mempertahankan jantung mekanis 1KR-VE. Mesin 3-silinder 998 cc VVT-i 12 katup. Daya dihasilkan 68 PS di 6.000 rpm dan torsi 89 Nm di 4.400 rpm. Opsi transmisi sama. Ada manual maupun D-CVT. Ia bertugas menyasar pasar pembeli pertama segmen LCGC, dengan harga lebih murah.


All New Ayla


Fitur keamanan lumayan cukup sebagai penghela laju kendaraan. Ada Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control serta Hill Start Assist. Namun sayang, masih kalah canggih dibanding Perodua Axia. Alya di Indonesia tidak diberi teknologi ASA atau Advanced Safety Assist. Lalu sebagai pusat hiburan. Generasi anyar memakai head unit. Bisa memutar musik dari keping MP3, DVD, USB, radio, bluetooth dan multi-konektivitas. Tak ketinggalan Android Auto dan Apple CarPlay di tipe tertentu.


baca juga : Perusahaan Daihatsu Astra Jawab Isu "Adik" Terios 1.000 Cc Turbo


"Tim R&D Daihatsu Indonesia terlibat di bagian engineering dan tes validasi. Jadi kami memastikan desain dan penerapan sesuai dengan prototipe. Kemudian All New Ayla memang disiapkan buat pasar sini. Makanya, rancangan disesuaikan dengan kondisi jalan indonesia. Kami melakukan berbagai pengetesan sesuai medan sini," terang Sri Agung Handayani, Director Marketing, Corporate Planning & Communication Astra Daihatsu Motor.